Jumat, 15 Juni 2018

Cara Mengonversi Bilangan Desimal ke Radiks atau Basis Lainnya

Hei semua. Selamat datang di blog Mas Wody. Perkenalkan, nama aye Wody, Wody Smultronställe. Nama yang terdengar aneh, bukan? Nama itu diberikan oleh pencipta aye. Yah, beliau memang orangnya rada aneh. Aye diberikan tanggung jawab oleh pencipta aye untuk menjaga dan melestarikan blog ini. Di blog ini, aye akan memposting berbagai macam hal tentang matematika. Untuk postingan perdana ini, aye akan menjelaskan tentang cara mengonversi bilangan desimal ke bilangan basis lainnya misalnya biner, oktal, dan heksadesimal. Bagi kalian yang seneng main-main komputer pasti sering mendengar tentang bilangan-bilangan ini. Di postingan ini, aye akan memberikan tutorial cara mengonversi bilangan desimal ke biner, oktal, heksadesimal, serta ke basis lainnya. Caranya gampang banget kok ^_^ Langsung saja kita mulai pembahasannya.





Sebenarnya aye mau basa-basi dulu sebelum menjelaskan caranya tapi yah bingung mau basa-basi apa. Oke, langsung saja mari kita mulai dari mengonversi bilangan desimal ke biner terlebih dahulu.

Konversi Bilangan Desimal ke Biner

Sepertin namanya, Biner yah B-I-N-E-R, bilangan ini basisnya 2. So, setiap dijitnya kalo bukan 0 yah 1, dan kalo bukan 1 yah 0. Contoh bilangan biner adalah sebagai berikut:
11100001010100011000011010010100101110101010101010100000101101
Gimana? Kereen kan? Lalu bagemana sih cara mengubah desimal ke bilangan biner? Cara yang paling gampang adalah menggunakan software kalkulator yang udah tersedia di komputer  masing-masing. So, ngapain juga buka postingan ini kalo udah punya kalkulator buat ngekonversi?

Tunggu dulu, mungkin eyu pengen pamer sama temen2 kalo eyu bisa konversi bilangan tanpa kalkulator. Dasar tukang pamer, emang cuma eyu yang bisa? Baiklah, aye kasih aja caranya tapi langsung saja aye kasih contoh. Misalnya saja, kita mau konversi bilangan 620(10) ke bilangan biner. Tunggu aye gambar di paint yah... Oke, selesai.


Perhatikan yah. Yang warna merah itu artinya dibagi 2. Yang ijo itu artinya sisa hasil bagi. Nah, disini kita bakalan ngekonversi 620 jadi bilangan biner. Prosesnya sebagai berikut:
-620 dibagi 2, hasilnya 310, sisanya 0
-310 dibagi 2 lagi, hasilnya 155, sisanya 0
-155 dibagi 2 juga, hasilnya 77, tapi sisanya 1
-dst liat di gambarlah bogeng.
-1 dibagi 2, hasilnya 0, sisanya 1
-0 dibagi 2, hasilnya 0, sisanya 0
-0 dibagi 2 lagi, hasilnya 0, sisanya 0
-Harusnya eyu berhenti di 0 aja yah.

Nah, hasilnya ditulis sisa hasilnya mulai dari bawah. Jadi, 620(10) = 1001101100(2). Bilangan yang ada dalam kurung itu artinya menunjukkan basis bilangan.





Konversi Bilangan Desimal ke Oktal

Konversi bilangan desimal ke oktal sama kayak biner, tapi kalo oktal bukan dibagi 2 tapi dibagi-bagi 8. Langsung aja contoh soal yah. Misalnya kita mau konversi 297 dari desimal ke oktal. Langsung aja jawab cekidot.

Tampaknya gausah aye jelasin. Gambar sudah menjelaskan semuanya.

Konversi Bilangan Desimal ke Heksadesimal

Nah, untuk konversi bilangan desimal ke heksa ini sebenarnya sama aja kayak laennya. Namun, perlu diingat kalo heksadesimal adalah bilangan berbasis 16. Itu berarti ada 16 simbol lambang bilangan yang dipake untuk merepresentasikan bilangan heksadesimal yakni simbol angka yang biasa kita pake di desimal 0 sampe 9 ditambah simbol huruf A, B, C, D, E, dan F. Jadi, totalnya ada 16.

Hanya mengingatkan kembali nilai-nilai dari A sampe F
A = 10
B = 11
C = 12
D = 13
E = 14
F = 15

Mari langsung aja dengan contoh soal biar eyu cepat paham. Misalnya kita mau ngonversi 58844 menjadi bilangan heksadesimal. Langsung aja cekidot.


Mudah bukan? Nah, untuk sisa hasil bagi yang lebih dari 9 pastinya simbolnya diganti jadi A, B, C, dst. Lihat gambar di samping, 12 diganti jadi C, 13 jadi D, dan 14 E. Kalo 5 yah tetap 5. Nah, disusun dari angka yang paling bawah. Walla~ selesai.







Nah, itulah konversi bilangan desimal ke bilangan apa saja. Oh yah, basis bilangan bukan hanya biner, oktal, desimal, sama heksadesimal lho. Sebenarnyam ada tak terhingga banyaknya jumlah basis bilangan. Misalnya saja basis 3 yang disebut ternari, basis 4 kuaternari, basis 5 kuinari, dst. Cara konversi dari desimal ke basis bilangan laen sama kayak konversi ke biner, oktal, dan heksa desimal. Hanya saja pembaginya diubah sesuai dengan basis bilangannya. Misalnya saja, aye mau ubah 923 ke bilangan basis 5 aka kuinari.
Perhatikanlah gambar di samping. Dari gambar, kita dapat menyimpulkan bahwa 923 yang dalam bentuk desimal akan berubah menjadi 12143 dalam bentuk kuinari ato basis 5. Eyu bisa mengonversi bilangan desimal menjadi bilangan basis berapa saja dengan cara yang sama ^_^ selamat mencoba. Nantikan postingan selanjutnya dari Mas Wody. Kalo kurang paham, silahkan bilang di kotak komen bawah. Aye pamit dulu yah! Papay~
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Tulisan Acak

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support